Wisata Penderasan Irenggolo

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”8006″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur 64162

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: –

Wisata Alam

Wisata alam yang indah memang Indonesia tidak kalah indahnya dengan Negara lain. Salah satu kabupeten di Jawa Timur memilikinya. Ya, di Kabupaten Kediri. Jika dari Surabaya kau perlu melakukan perjalanan darat kuran lebih 4 jam.

foto by instagram.com/rezkygam

Namanya adalah Air Terjun Irenggolo yang memiliki alamat di Kecamatan Mojo. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan indah. Di artikel ini kami akan mejelaskan secara lengkap ihwal Air Terjun Irenggolo.

Keindahan Lokasi

foto by instagram.com/kabupatenkediriku

Sedikit kisah sejarah tentang Air Terjun Irenggolo yaitu terdapat sebuah legenda yang konon katanya berasal dari nama seorang panglima tentara berjulukan Iro Manggolo. Iro Manggolo bertapa di jeram ini sampai meninggal.

Menurut cerita sejarah bahwa panglima ini kalah perang dan kabur menuju jeram terjun dan tidak kembali ke tempat asalnya. Ia menghabiskan sisa hidupnya untuk bertapa hingga akhir hayatnya.

foto by instagram.com/keoprasetiyo

Meski konon katanya di tempat ini terdapat beberapa cerita misteri dan mitostidak membuat pengunjung tetap tiba untuk melihat keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Irenggolo. Cerita misteri ini sering kali didapat oleh warga sekitar.

foto by instagram.com/keoprasetiyo

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Makara kalau dilihat memang tidak sampai setinggi 80 meter. Disekitar teladas ini terdapat beberapa kerikil-batuan yang jikalau dilihat secara seksamamirip anak tangga.

Di hari-hari tertentu di Air Terjun Irenggolo ini sering kali diadakan sebuah upacara akhlak dan ritual yang tepatnya pada Bulan Suro. Upacara budbahasa ini diberi nama Sesaji Tirto Husodo yang memang merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh warga setempat.

foto by instagram.com/muhammad_nasrulloh30

Terdapat beberapa akomodasi juga di sini mirip toilet umum, kolam renang dan kawasan bermain anak-anak. Meski terlihat kurang terawat fasilitas ini masih bisa dipakai. Rupanya fasilitas di sini masih kurang diperhatikan oleh pemerintah kawasan setempat.

Rute Menuju Lokasi

foto by instagram.com/andrian_agasi

Berlokasi di Jalan Besuki, Kelurahan Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri ini Air Terjun Irenggolo mempunyai jarak sekitar 30 km dari sentra kota. Kalau dihitung waktu maka akan memerlukan sekitar 30 menit. Menuju daerah wisata ini sangat gampang dijangkau dan mampu memakai kendaraan apa saja.

foto by instagram.com/rahma_lina19

Jika kau dari kota Kediri maka harus menyeberang kea rah barat sungai Brantas. Arah ini bisa dibilang akan membelah kota Kediri. Setelah itu kau harus mengambil arah menuju Poh Sarang di Kecamatan Semen yang bertetangga dengan Mojo.

Sebelum kau masuk ke tempat tujuan utama adalah Air Terjun Irenggolo di Kelurahan Jogo terlebih dulu akan melewati desa Selongpanggung. Tempat ini juga cukup dikenal dikalangan sejarah adalah dimana tokoh pendekar Tan Malaka dimakamkan.

foto by instagram.com/sabaresdeka

Rute jalan menuju Air Terjun Irenggolo ini bisa dibilang memiliki satu arah dengan tempat wisata lain seperti Air Terjun Dolo. Jadi kamu mampu tiba ke dua kawasan wisata sekaligus loh. Seperti kata pepatah, berenang sambil minum air. Manfaatkan waktu dengan sebaiknya ya.

Jalan yang dilalui sudah cukup cantik dengan aspal yang baik. Tetapi kamu mesti berhati-hati yak arena jalanan menuju daerah ini terbilang menanjak. Kaprikornus persiapkan kendaraan yang akan kamu gunakan ketika akan pergi ke sini.

Jam Buka

foto by instagram.com/sabaresdeka

Air Terjun Irenggolo dibuka selama 24 jam jadi tidak ada batasan untuk pengunjung saat akan datang ke sini. Kamu bisa tiba kapan saja baik pagi maupun sore. Meski dibuka selama 24 jam, di sini disarankan untuk tidak datang saat malam hari.

Itu disebabkan sebab masih kurangnya penerangan dan petugas keamanan ketika malam hari. Banyak pengunjung saat hari mulai gelap eksklusif meninggalkan lokasi tujuan wisata.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk harga tiket masuk di sini tidak diberlakukan alias gratis. Makara berlibur ke sini kau tidak perlu memikirkan budget alasannya sudah sangat murah di kantong. Kamu bisa tiba dengan siapa saja dengan jumlah yang sangat banyak.

Hanya saja kau perlu membayar karcis parker untuk kendaraan yang kau bawa. Untuk kendaraan roda dua kau perlu membayar sebesar 2 ribu rupiah sedangkan untuk mobil perlu membayar 5 ribu. Jadi kapan kamu akan ke Air Terjun Irenggolo? Selamat berlibur ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni