Wisata Pulau Cubadak

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6720″
data-slug=””>

3.6
/
5
(
7

votes

)

Lokasi: Pulau Cubadak, Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, South Pesisir Regency, West Sumatra

Maps: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon:

Padang, Bukan hanya populer dengan masakannya saja. Akan tetapi keindahan alam yg disajikan di ibukota Sumatra Barat atau Sumbar ini memang cukup menarik. Tanah Minang ini menjadi salah satu daya tarik di Indonesia untuk menarik minat turis ajaib.

Apalagi di sini ada banyak pulau-pulau kecil serta pantai di pesisir selatan atau biasa disebut pessel atau pesel. Mulai dari Sikuai, Painan, Mentawai, hingga salah satu pulau yg kabarnya konon menjadi kepemilikan gila yakni Cubadak.

Siapa yang menyangka sebenarnya pulau kecil dengan nama Cubadak Sumbar ini adalah salah satu lokasi liburan yang masuk ke dalam hidangan favorit para bule. Di sini para turis mancanegara mampu menikmati keindahan alam bak nirwana.

Apalagi di tempat wisata ini sudah banyak penginapan seperti resort hingga cottage yang menyajikan kenyamanan tinggi dan privasi kepada para tamu. Dijamin para turis abnormal akan cukup senang dengan kondisi dan suasana tersebut.

foto by instagram.com/sumbar_rancak

Mengenal Lokasi

Kawasan wisata Cubadak ini biasanya menjadi satu tour dengan obyek wisata Mandeh. Dikarenakan lokasinya yg berdekatan. Untuk fasilitas atau accomodation sendiri sudah dipersiapkan dengan sangat komplit.

Keindahan dari Cubadak ini mampu dilihat melalui foto, poto, gambar, pictures, video, vidio di youtube hingga gosip di wikipedia. Selain itu juga gosip nya tersebar di berbagai lembaga mirip kaskus.

Lokasi wisata ini sempat mengalami perkara terutama duduk perkara kepemilikan dari pulau tersebut. Seperti diketahui bersama bahwa ada rumor yg menyebutkan bahwa pulau ini dijual dan kini dimiliki oleh gila.

Kasus dari kontrak kepemilikan ini sempat memanas dikala pemilik dari hotel atau villa di Cubadak ini mengusir warga lokal disebabkan mengganggu ketenangan serta ketentraman dari para tamu.

foto by instagram.com/tripsumbar

Pulau yang diambil dari nama buah adalah nangka ini memang masih dilema mengenai siapa pemilik resmi dari pulau tersebut. Dimana sekarang ini dikuasai oleh aneh. Oleh alasannya adalah itu privasi dari para tamu terutama bule sangat terjaga.

Resort yang terdapat di obyek wisata ini yaitu Paradiso Village Cubadak. Popularitas resort ini memang sudah terkenal di luar negeri. Apalagi resort ini juga merupakan salah satu penginapan glamor di sekitar area yg cukup luas tersebut.

Kaprikornus tidak perlu heran jika para wisatawan dari luar negeri tertarik untuk tiba ke Pulau Cubadak tersebut untuk menghabiskan waktu. Ditambah lagi dengan keindahan serta akomodasi yg disajikan cukup komplit dan lengkap.

foto by instagram.com/k3vinkm

Favorit Turis Asing

Dengan adanya Paradiso Village Cubadak ini sendiri memang sedikit menuai kontroversi. Seperti yg sudah disebutkan di awal bergotong-royong pengelola dari resort ini sempat bertindak angkuh. Apalagi terhadap wisatawan lokal.

Para wisatawan lokal sendiri memang kerap mengunjungi Pulau Cubadak Sumbar guna menikmati keindahannya. Sayangnya kanal menuju ke island ini memang terbatas bagi para turis lokal. Berbeda dengan para tamu aneh.

Ditambah lagi jikalau para turis tersebut tidak menginap di Paradiso Village Cubadak. Memang ada beberapa penginapan mirip hotel dan lain sebagainya. Akan tetapi aksesnya dibatasi.

Guna menjaga kenyamanan para tamunya, pihak pengelola resort memang membatasi ruang gerak para wisatawan yg tidak menginap di sini. Apalagi yg ingin mengambil foto di pulau yg beralamat di daerah pesisir selatan Padang tersebut.

Keindahan dan pesona dari kawasan wisata ini sudah dimuat di medua luar negeri. Bahkan pesonanya sudah diakui. Tidak heran bila media Jerman, Bild de Rau menyebutnya sebagai nirwana tersembunyi.

foto by instagram.com/sumbarholiday_

Praktis menciptakan para turis gila tertarik untuk mengunjungi daerah wisata ini. Apalagi sudah banyak travel guide hingga paket tarusan yg bisa dipakai oleh para turis untuk menikmati keindahan dari lokasi wisata ini.

Di sini sudah ada bibir pantai dengan panjang sekitar 1,5 kilometer di sebelah selatan dari Padang. Sementara untuk luasnya sendiri mencapai 40 kilometer persegi. Pantai ini dulunya adalah pantai yang tidak terjamah. Dan kabarnya ada banyak binatang liar di sekitar area ini.

Pantai ini sendiri juga memiliki fungsi untuk kawasan persinggahan bagi para nelayan di malam hari. Dengan hadirnya resort dan cottage tersebut tentu saja menjadi salah satu destinasi wisata yg menarik kini ini.

Apalagi di sini ada keragaman alam bawah lautnya yang mengagumkan dan juga eksotis. Dengan luas total pulau tersebut mencapai 7 hektar, praktis menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis baik lokal atau abnormal.

foto by instagram.com/padang.trip

Biaya Trip

Kawasan wisata ini termasuk ke dalam tempat Kabupaten Pesisir Selatan di daerah Sumbar. Akses dan jalur serta rute menuju ke Pulau Cubadak Sumbar ini kini sudah cukup gampang. Para turis hanya perlu menuju ke Dermaga Carocok.

Dari dermaga ini dilanjutkan dengan memakai speedboat menuju ke Pulau Cubadak. Perjalanan dengan menggunakan speedboat ini sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

foto by instagram.com/padang.trip

Ada beberapa hal yg harus diperhatikan oleh para wisatawan saat ingin mengunjungi salah satu obyek wisata menawan di Padang tersebut. Salah satunya adalah perbekalan dan juga peralatan selama di sini.

Disarankan untuk membawa perbekalan dan juga peralatan sendiri kala mengunjungi area ini. Baik itu snorkeling dan juga peralatan lainnya. Apalagi jika tidak berniat menginap di Paradiso. Praktis peralatan dan perbekalan harus dibawa sendiri/

foto by instagram.com/padang.trip

Akses Menuju Lokasi

Bagi para turis yg ingin mengunjungi obyek wisata tersebut bisa memilih penerbangan ke Bandara Minangkabau, Padang. Dari Bandara Minangkabau ini mampu melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum.

Ada banyak kendaraan umum menuju ke kawasan wisata tersebut. Pilih ke arah Pantai Carocok, Kota Painan. Dari sini lanjutkan perjalanan ke dengan menyewa speedboat. Biasanya dikenakan tarif sebesar Rp. 150.000 sekali jalan. Dan hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit.

Akses lain yang bisa digunakan oleh para wisatawan adala dari arah Pelabuhan Mandeh. Pelabuhan ini terletak di Kabupaten Pesisir Utara. Dari pelabuhan ini para pelancong juga bisa menggunakan kapal wisata dimana hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit saja.

foto by instagram.com/padang.trip

Akomodasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahu-membahu salah satu pesona yg dimiliki di sini yaitu Cubadak Paradiso Village. Resort glamor ini sudah memberikan sarana akomodasi guna para wisatawan dikala ingin mengunjungi pulau tersebut.

foto by instagram.com/padang.trip

Pihak pengelola tidak membatasi para turis dan wisatawan yang hendak bermalam di sini. Dengan akomodasi serta privatisasi para tamunya, membuat resort ini cukup mahal dan menjadi incaran para turis abnormal.

Ditambah lagi semua peralatan dan fasilitas di sini sudah sangat lengkap dan memanjakan para pengunjung. Tidak heran kalau banyak para turis terutama mancanegara yg tertarik datang ke sini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni