Wisata Teluk Biru

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6366″
data-slug=””>

4.2
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Sengrong Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur 68484

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Jam Operasional: 04.00 – 16.00 WIB

Nomor Telepon:

Hal Yang Tepat

Berlibur ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur rupanya adalah hal yang tepat. Kabupaten ini berada di ujung timur Pulau Jawa sangat dikenal dengan banyaknya destinasi wisata. Mulai dari pantai, pegunungan hingga taman kota yang indah.

Salah satu wisata tersebut akan kita angkat di artikel kali yaitu ihwal Teluk Biru atau Blue Bay. Tempat ini dikenal oleh para wisatawan alasannya merupakan salah satu sebagai kawasan surga tersembunyi. Banyak sekali wisatawan yang datang mulai dari kawasan Jember, Malang, Tengerang, Jogja dan masih banyak kota lainnya.

foto by instagram.com/malisaifudin

Artikel akan lengkap membahas wacana bagaimana keindahan pesona Teluk Biru, rute perjalanannya sampai penginapan yang mampu dipesan oleh wisatawan. Maka dari itu simak secara lengkap ya.

Keindahan Potensi

Banyuwangi atau yang biasa disebut dengan bwi memang dikenal banyak destinasi wisata baru. Tentu ini mampu menarik orang untuk berdatangan ke kota yang populer dengan akhlak osing ini. Transportasi yang dibutuhkan juga sangat gampang mampu memakai bis, pesawat atau kapal maritim.

foto by instagram.com/malisaifudin

Saking banyaknya kawasan wisata di Banyuwangi ini tentu juga banyak sekali tour and travl yang menawarkan beberapa paket open trip. Biasanya mereka memperlihatkan dengan harga murah serta berangkat dengan rombongan atau banyak orang.

Lalu apa saja fasilitas yang aktivitas mampu dilakukan di Teluk Biru, tentu sangat banyak. Tidak perlu cemas. Selain memiliki pemidangan indah, di sini juga terdapat sebuah tempat pemancingan. Bisa pribadi memancing ikan di bahari bagi kau yang memiliki hobi memancing.

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan adalah Snorkeling. Melihat pemandangan alam bawah bahari sungguh hal yang sangat menyenangkan. Kehidupan bawah maritim tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dikala tiba ke sini.

foto by instagram.com/malisaifudin

Tetapi sayangnya untuk keperluan snorkeling tidak disediakan. Jadi jangan lupa membawa sendiri ya dari rumah.

Selain itu, bisa juga diving di sini. Sama halnya dengan Snorkeling, Diving juga memerlukan peralatan yang lengkap. Bahkan diving ini hanya mampu dilakukan oleh orang dengan akta resmi. Mengapa demikian? Karena resiko ketika diving di sini tentu bukan tanggung jawab pengelola tempat wisata.

Selanjutnya, kau mampu berenang di sini. Di Teluk Biru ini dikenal dengan pantai yang tidak mempunyai ombak besar. Jadi ketika berenang kau mampu bebas. Tetapi harus tetap berhati-hati ya, dikala berenang jangan sampai ke tengah laut.

foto by instagram.com/malisaifudin

Lalu, para pengunjung mampu juga bermain sky air. Di sini juga tersedia peralatan olahraga ini. Hanya saja kamu perlu membayar untuk menyewa alat ini.

Para wisatawan tiba ke sini selain bermain olahraga air juga ingin melepas lelah. Menikmati pemandangan alam dengan naik bahtera Kano yakni hal sangat tepat. Dengan menaiki kapal ini mampu mengelilingi laut hingga tengah.

Saat berlayar memakai bahtera Kano bisa sekali melihat banyaknya nelayan yang sedang mencari ikan. Bahkan mampu melihat hutan Alas Purwo dengan lebatnya pohon yang sedang tumbuh. Dari kejauhan taman Nasional sungguh indah dipandang.

foto by instagram.com/malisaifudin

Sebelum meninggalkan Teluk Biru di malam hari. Lebih baik kamu menunggu ketika matahari akan terbenam tau yang biasa disebut sunset. Saat mengunjungi pantai memang moment ditunggu-tunggu ialah melihat pemandangan dengan warna jingga itu.

Di sini juga akan ditemui sebuah komunitas dengan nama Gemuruh yang memiliki kepanjangan Gerakan Muncar Rumahku. Kegiatan yang dilakukan komunitas ini ialah melestarikan ikan sebab beberapa waktu kemarin sering kali terjadi pengeboman ikan dan karang maritim.

foto by instagram.com/malisaifudin

Semua keindahan dan fasilitas yang ada di sini bisa kamu lihat diberbagai media mirip youtube atau blogspot miliki orang-orang yang sudah pernah datang ke sini. Bisa juga melihat beberapa review yang diberikan sehingga akan menimbulkan rasa ingin tau kamu.

Jangan untuk mengabadikan setiap moment saat tiba ke sini. Mengambil foto atau gambar tentu hal wajib dikala liburan.

Rute Menuju Lokasi

Masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo menciptakan Teluk Biru menjadi destinasi yang selalu dikunjungi banyak orang. Alamat lengkapnya berada di Sengrong Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Penduduk setempat masih menggunakan nama lama adalah Senggrong. Jadi bila kamu nanti bertanya pada penduduk sekitar maka lebih baik menggunakan nama Senggrong. Sebab, jikalau kamu bertanya dengan memakai nama Teluk Biru sepertinya masih belum banyak yang tahu.

foto by instagram.com/malisaifudin

Untuk mampu hingga di Kecamatan Muncar sangat gampang dilalui. Jika kau berangkat dari pusat kota maka jarak yang diperlukan kurang lebih sekitar 20 km atau 2 jam. Perjalanan darat sudah melewati jalan aspal yang sudah cantik.

Jika kamu masih bingung maka bisa menggunakan GPS di Google Maps. Ini merupakan suatu petunjuk dengan sketsa, peta atau map online. Maka dari itu kau harus menyiapkan sinyal internet yang cukup kencang. Jangan khawatir di Banyuwangi sendiri sinyal internet sudah sangat manis.

foto by instagram.com/malisaifudin

Sesudah hingga di Taman Nasional Alas Purwo maka melanjutkan ke pantainya. Sayangnya untuk menuju pantai ini masih belum ada jalur darat. Artinya kamu harus menyeberang memakai bahtera milik nelayan sekitar.

Perahu nelayan ini selalu siap setiap hari jadi kau jangan terlalu khawatir kalau tidak mendapatkannya. Untuk menyewa perahu itu sendiri berkisar 300 hingga 500 ribu. Perahu itu bisa dipakai hingga 5 orang. Makara cukup murah bukan. Harga ini memang bisa berubah sewaktu-waktu ya.

Jam Buka

foto by instagram.com/iswnrickyy

Di daerah wisata ini memang tidak diberikan larangan khusus wisatawan harus pulang jam berapa. Hanya saja demi keselamatan dan keamanan bersama lebih baik para pengunjung meninggalkan Teluk Biru ini ketika malam hari.

Ini dikarenakan di sini masih belum ada penerangan lampu. Kaprikornus jika malam datang di sini akan sangat gelap sekali. Ditambah lagi Alas Purwo sangat populer dengan kisah mistis dan misteri. Keangkeran Alas Purwo masih dipercaya hingga sekarang sebagai kawasan bertapa.

Harga Tiket Masuk

Kabar baiknya yakni, bahwa di sini tidak diberlakukan tiket masuk. Makara kau liburan ke sini dengan Cuma-Cuma atau gratis. Hanya perlu menyewa perahu nelayan yang sudah dijelaskan diatas. Ditmabhan membayar karcis parkir kendaraan yang kamu bawa ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni