Wisata Teluk Ijo

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6368″
data-slug=””>

5
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jatim 68488

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Jam Operasional: 07.00 – 16.30 WIB

Nomor Telepon: 0812 3893 6042

Diperbincangkan

Banyuwangi memang saat ini sedang ramai diperbincangkan alasannya banyaknya daerah wisata. Beberapa destinasi wisata yang ada seperti Kawah Ijen, Pulau Merah, Breen Bay atau Teluk Hijau dan masih banyak lainnya.

foto by instagram.com/mayang.sari328

Artikel kali ini kami akan mengangkat kisah wacana Teluk Hijau. Kebanyakan orang menyebutnya dengan Teluk Ijo karena Ijo sendiri dalam arti bahasa Jawa adalah warna hijau. Sebenarnya Teluk Hijau ini ada juga di tempat lain yakni Kabupaten Tulungagung.

Secara lengkap mampu kau temukan di artikel ini mulai dari rute perjalanan, HTM, akomodasi, dan pesona keindahan apa saja yang ditawarkan di Teluk Ijo. Kamu harus membacanya hingga tuntas ya.

Keindahan Potensi

foto by instagram.com/helenyapp

Sejarah perihal asal undangan nama Hijau alasannya adalah kalau dilihat dari kejauhan akan terlihat berwarna hijau air lautnya. Tentu ini berbeda dengan pantai lainnya yang biasanya mempunyai warna biru. Hijau itu diakibatkan dari dasar lautnya yang dangka dan terdapat alga sehingga memantulkan warna hijau.

Saat kamu tiba di sini maka akan sangat terdengar suara ombak menghantam sebuah karang. Suara yang kau dengarkan itu bukan seperti ombak yang biasanya tetapi seperti gemuruh air yang berjauhan di atas bebatuan.

Banyak sekali yang memuji kecantikan Teluk Ijo. Pesona keindahannya sungguh luar biasa. Di sini akan terlihat pasir berwarna putih dan tentunya air bahari yang begitu jernih. Selain bermain air bahari banyak pengunjung yang tiba untuk bermain pasir.

foto by instagram.com/ibeth_eliza

Hal unik lainnya yaitu di sini ada sebuah air terjun. Kurang lebih berjarak 20 meter di sisi sebelah timur. Tetapi kau bisa menjumpai air terjun indah ini dikala isu terkini hujan sehingga akan menjadikan debit air yang sangat besar. Setelah bermain air laut maka mampu eksklusif bilas di penderasan ini.

Di balik sebuah air terjun dengan pemandangan indah ini ternyata memiliki cerita misteri. Keangkeran ini ternyata terdengar dari seluruh warga di sekitar kawasan wisata. Konon ceritanya, penderasan ini sebagai daerah mandi para legenda bidadari zaman dahulu.

foto by instagram.com/mbolangjatim

Sering kali terlihat pelangi di sekitar penderasan ini. Tetapi semua ini yaitu sebuah mitos. Percaya atau tidak tergantung pada masing-masing individu. Kita hanya memiliki niat baik untuk hanya berlibur dan tidak mengganggu keadaan yang ada.

Dari daerah mana saja wisatawan yang datang ke sini? Tentu ini menjadi pertanyaan banyak orang. Tak hanya wisatawan lokal mirip Surabaya, Jakarta, Bandung atau Malang bahkan turis asing juga sering datang ke mari. Mereka selain bermain air tentu tak lupa untuk mengambil gambar atau foto di sini.

Pantai ini memang mengijinkan para pengunjungnya untuk bermalam. Bisa dengan camping atau bahkan menginap di penginapan yang tersedia di sekitar daerah wisata ini. Jenis penginapan ini mirip homestay yang disediakan oleh para warga. Harganya juga relatif murah.

Banyak sekali ulasan dan komentar tentang Teluk Io ini. Di banyak sekali website dan blog seperti Wikipedia, hipwee atau video di youtube bisa kau lihat. Setelah melihat kau niscaya akan lebih tertarik untuk tiba ke sini saat liburan nanti.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/rezza_baikhaqi

Rute untuk mampu hingga ke Teluk Ijo sangat gampang sekali . pertama kamu harus mengambil arah menuju Rajegwesi. Mengingat angkutan umum menuju Teluk Ijo belum ada maka satu-satunya alternatif yang bisa dipilih adalah memakai kendaraan eksklusif.

Tetapi jangan khawatir dulu, untuk kamu yang berangkat ke Banyuwangi memakai transportasi umum mampu memakai jasa tour and travel. Biasanya jasa travel akan menunjukkan paket trip liburan ke sini. Jadi selain mampu mendapatkan sahabat baru juga akan ditemani tour guide.

Tetapi kalau menginginkan pergi berlibur secara individu atau bersama keluarga bisa menggunakan jasa rental kendaraan bermotor. Di Banyuwangi sebagai kota wisata tentu saja sudah banyak jasa persewaan kendaraan seperti motor atau mobil.

foto by instagram.com/ferdiozom_

Letak atau alamat Teluk Hijau sendiri berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Memiliki jarak kurang lebih 90 km dari sentra kota. Banyak petunjuk alan untuk dapat ke wisata ini. Awalnya ikuti petunjuk arah menuju Sukamade yaitu di Taman Nasional Meru betiri.

Sesudah sampai di Kecamatan Pesanggaran masih membutuhkan jarak 26 km lagi menuju tujuan wisata. Di perjalanan nanti akan menemukan persimpangan Patung Penyu maka kamu sudah dekat dengan tujuan. Setelah itu akan menemukan simpang empat di Pasar Pesanggaran kemudian Kantor Desa Sumbermulyo.

foto by instagram.com/almitalitha

Dari Desa Sumbermulyo maka akan menuju Desa Sumberagung. Di sinilah kami menyarankan kamu untuk membeli beberapa keperluan mirip isi bensin, membeli camilan dan minuman. Karena nanti tidak akan menemukan sebuah pertokoan.

Selanjutnya jalan yang akan dilalui cukup berkelok-kelok dan melewati gunung. Dari sini kau sudah tidak akan menemukan perkampungan. Setelah itu akan melewati sebuah pohon jati yang dimiliki oleh PT Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan.

foto by instagram.com/almitalitha

Setelah melewati hutan jati dilanjutkan akan bertemu dengan perkebunan flora karet. Perkebunan ini merupakan pos terakhir dari Teluk Ijo. Setelah itu akan menemukan Pantai Rajegwesi. Dari sini kamu akan ditawarkan dengan 2 jalur menuju Telok Ijo. Menggunakan Trakking jalan kaki atau menyeberang dengan bahtera nelayan.

Jika masih merasa kebingungan maka kami membekali liburan kamu dengan map online. Gunakan aplikasi Googles Maps biar menerima petunjuk peta di hp kamu. Cukup dengan koneksi internet yang stabil maka akan langsung petunjuk jalan sudah kau dapati.

foto by instagram.com/kmercylius

Buka Jam Berapa

Di sini di buka mulai dari pagi hingga sore hari. Untuk kamu yang ingin melihat sunset memang tidak disarankan di sini. Yang mampu dilakukan hanya bermain air mirip berenang, snorkeling atau bermain pasir. Maka dari itu datanglah pagi atau siang hari.

Tetapi di sini juga diperbolehkan untuk camping. Hanya saja kau perlu meminta ijin kepada warga atau petugas yang berjaga. Ijin ini dilakukan supaya para petugas mampu ikut menjaga keamanan saat kamu berkemah. Mendirikan tenda di pinggir pantai memang hal yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk tidak diberlakukan alias gratis. Hanya kamu perlu membayar restribusi karcis parkir. Untuk kamu jika memakai bahtera nelayan untuk menyeberang maka harus membayar sebesar 35 ribu rupiah untuk pulang dan pergi.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni